6 Tips Mudah Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

Semakin bertambah usia kehamilan, semakin besar pula ukuran janin yang ada di dalam kandungan, hal ini menyebabkan meningkatnya tekanan pada perut ibu dan memicu terjadinya sesak napas. Penyebab ibu hamil mengalami sesak napas yaitu anemia (berdampak pada gangguan pemasokan oksigen akibat produksi hemoglobin yang bermasalah), asam lambung, asma, bahkan sampai penyakit jantung.

Sesak napas yang dirasakan membuat penderitanya semakin terganggu, tentu hal ini akan menimbulkan kekhawatiran tentang kondisi ibu selanjutnya. Untuk itulah, para ibu hamil segera mencari solusi yang tepat untuk mengobati sesak napas pada kehamilan, salah satunya dengan obat penyakit sesak napas akut pada ibu hamil yang banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Selain itu, beberapa pakar juga memberikan 6 Tips Mudah Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil.

6 Tips Mengatasi Sesak Napas pada Ibu Hamil

tips mudah mengatasi sesak napas saat hamil
Konsumsi makanan sehat

Konsumsi obat sesak napas saja tidak cukup, ibu hamil perlu memerhatikan pula asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ibu hamil bisa mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi, garam, serta gula yang berlebih. Karena ketiga jenis makanan tersebut bisa memicu peningkatan berat badan dan membuat sesak napas yang diderita semakin parah. Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung zat besi untuk menghindari anemia yang bisa berdampak pada pengaturan oksigen dalam tubuh.

Hindari minuman bersoda dan berkafein

Minuman jenis ini akan membuat tubuh mudah dehidrasi karena bersifat diuretik. Di samping itu, kandungan Tanin dalam teh dan kopi dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan. Kurangnya zat besi akan mengarah pada anemia dan memicu munculnya sesak napas.

Olahraga yang teratur

Untuk menjalankan olahraga, sebaiknya ibu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai olahraga jenis apa yang bisa ibu manfaatkan dalam rangka mencegah dan meringankan sesak napas. Sekedar catatan, Yoga pun menjadi olahraga untuk para ibu hamil yang banyak direkomendasikan.

Kunjungi artikel lainnya : Obat Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Menyesuaikan pekerjaan

Bagi anda seorang karyawan, sebaiknya minta ijin kepada atasan agar tugas pekerjaan anda bisa disesuaikan dengan usia kehamilan. Terlebih jika anda termasuk orang dengan risiko sesak napas yang tinggi. Karena pekerjaan yang berat bisa memicu kambuhnya sesak napas.

Atur posisi tidur

Untuk menghindari dan mengatasi sesak napas yang menyerang, anda bisa tidur dengan bersandar pada 2 atau 3 bantal. Untuk usia kehamilan selanjutnya, anda membutuhkan penyesuaian yang ekstra, mengingat usia janin yang semakin membesar dan tingkat sesak napas semakin berat.

Manfaatkan waktu untuk relaksasi

Para pakar kesehatan menyarankan agar anda meluangkan waktu sekitar 10 menit setiap hari untuk relaksasi, terutama ketika trimester akhir menjelang waktu persalinan. Hal ini dilakukan agar anda bisa mengatur pernapasan yang akan membantu proses persalinan nanti.

Nah, itulah 6 tips mudah mengatasi sesak napas saat hamil yang bisa anda manfaatkan. Semoga dengan langkah yang benar, ibu dan bayinya bisa selalu sehat yah ! 🙂

6 Tips Mudah Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil | penyakitakutwebid | 4.5