Cara untuk Menjaga Hati Agar Tetap Berfungsi

cara menjaga fungsi hati

Penyakit Akut | Hati atau liver dalam tubuh manusia memiliki fungsi luar biasa untuk detoksifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh, sehingga zat apapun yang masuk akan dihalau terlebih dahulu oleh hati apakah memberikan manfaat untuk tubuh atau justru membahayakan tubuh.

Ketika hati mengalami masalah tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, racun yang masuk ke dalam tubuh tak lagi bisa disaring, sehingga dngan leluasa masuk serta berkembang di berbagai tempat dalam tubuh yang mereka inginkan. Kerusakan atau masalah terganggunya fungsi hati pada dasarnya disebabkan oleh pola hidup manusia itu sendiri seperti terlalu benyak mengkonsumsi minuman beralkohol atau berkerbonasi, serta merokok.

Ketika penyakit hati menyerang, mungkin hanya penyesalan yang datang, namuan agaknya sebuah penyesalan tersebut harus anda bayar dengan mencari dan memanfaatkan obat penyakit gangguan fungsi hati yang benar-benar tepat. Selain masalah pengobatan, rasanya tak akan terlambat juga jika kita mengetahui bagaimana cara untuk menjaga hati agar tetap berfungsi. Nah, di artikel ini kami menyampaikan beberapa caranya.

Cara untuk Menjaga Hati Agar Tetap Berfungsi

cara menjaga fungsi hati 2 (FILEminimizer)

Menghindari konsumsi alkohol

Alhokol menjadi pemicu paling serius pada penyakit hati yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel hati. Hal ini memberikan gambaran bahwa alkohol memiliki dampak serius. Bahkan beberapa survei mengatakan jika alkohol yang menjadi penyebab penyakit liver ini memiliki risiko 4x lipat pada kematian.

Berhenti merokok

Asap dari rokok dan bahan-bahan lain yang dihisap dari rokok semuanya adalah racun, sehingga kita harus benar-benar berhenti merokok agar terhindar dari penyakit hati yang bisa menggerogoti tubuh secara perlahan.

Jangan lama-lama di lingkungan beracun

Hati memang bertugas menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh, namun ketika kapasitasnya penuh, maka hati pun tak bisa menjadi penyaring sehingga zat-zat berbahaya yang dihirup bisa berkembang bebas di dalam tubuh.

Membatasi konsumsi makanan berlemak

Anda perlu mengatur pola makan untuk mengontrol berat badan, menghindari obesitas yang memicu penyakit hati. Pola makan yang berantakan dengan jenis makanan yang tinggi lemak bisa mengurangi fungsi hati anda melalui akumulasi racun serta lemak dalam tubuh.

Baca juga : Obat Penyakit Gangguan Fungsi Hati Akut

Membentengi diri dari virus hati

Dalam membentengi diri dari virus hati, kita harus menghindari kontak dengan hal-hal yang dapat menularkan infeksi, seperti hindari tatto, transfusi darah (dilakukan pemeriksaan lebih teliti), hindari seks bebas, jarum suntik narkoba, dll.

Pola hidup bersih

Jangan lupa untuk membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari toilet. Sebisa mungkin juga anda jangan minum air dari peralatan yang digunakan orang lain, apalagi jika mereka terdeteksi virus hepatitis. Namun jika ingin tetap menggunakannya, pastikan cuci terlebih dahulu sampai bersih.

Melakukan pemeriksaan secara rutin

Ada baiknya juga jika anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dalam beberapa bulan sekali untuk menghindari efek yang membahayakan dari masalah penyakit hati ini. Hal ini dikarenakan diagnosa penyakit hati sering kali mengejutkan tanpa ada gejala yang muncul terlebih dahulu.

Inilah beberapa tips sehat yang bisa menjadi solusi untuk anda dan yang lainnya. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Cara untuk Menjaga Hati Agar Tetap Berfungsi | penyakitakutwebid | 4.5