Mencegah Penyakit dengan Gaya Hidup Sehat

Mencegah Penyakit dengan Gaya Hidup Sehat salah satunya melalui makanan. Selama perut mendapatkan makanan, kemungkinan untuk terjangkit penyakit masih ada. Makanan yang baik dan sehat tidak harus mahal, namun hanya membutuhkan kriteria yang baik meliputi lengkapnya kandungan gizi dan nutirisi seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, air, dan sebagainya.

Selain itu cara memasak juga perlu diperhatikan agar gizi yang terkandung tidak rusak atau hilang sia-sia karena salah cara memasaknya. Agar gizi tetap utuh dianjurkan memasak dengan cara direbus, tim, kukus, dan tumis atau langsung dilalap atau di jus.

Mencegah Penyakit dengan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dengan cerdas memilih makanan bergizi dan seimbang serta layak untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan, berikut cara untuk mendapatkan kriteri yang benar :

makanan-sehatEmpat sehat lima sempurna

Mengkonsumsi makanan dengan menu “4 sehat 5 sempurna” sebagai pedoman untuk tercapainya asupan gizi yang optimal. Gizi yang optimal ini adalah gizi yang kuantitas dan kualitasnya cukup sehingga tubuh berada pada kondisi yang baik dan sehat.

Kurangi konsumsi makanan siap saji

Di era modern ini adanya kecenderungan pola makan yang serba praktis dan instan yang berkembang di masyarakat seperti makanan cepat saji dan makanan awetan. Makanan tersebut umumnya mempunyai nilai nutrisi yang rendah, mengandung lemak jenuh kolesterol tinggi, tinggi garam dan rendah serat.

Salah diet bisa terkena osteoporosis

Diet yang tidak tepat seperti menghilangkan susu sama sekali dapat mengakibatkan defisiensi kalsium, padahal tubuh manusia membutuhkan kalsium sekitar 500-1000 mg setiap harinya. Sebuah riset menunjukkan satu dari lima orang yang melakukan pola diet mengalami osteoporosis. Namun saat ini sudah banyak produk susu rendah lemak yang mengandung kalsium tinggi, dengan begitu diet tidak harus menyisihkan susu.

Bahan makanan lain yang mengandung kalsium tinggi yaitu: ikan teri, ikan sarden, dan sebagainya. Untuk menghindari kegemukan sebaiknya menghindari konsumsi lemak berlebihan. Konsumsi lemak sebaiknya jangan dihilangkan tetapi dibatasi sesuai dengan kebutuhan tubuh yaitu sekitar 30% dari kebutuhan kalori.

Lemak Bermanfaat dan Lemak Berbahaya

Lemak diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi selain karbohidrat, terutama sumber lemak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan omega-9 dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida tinggi.

Sedangkan lemak yang berbahaya bagi kesehatan yaitu lemak yang mengandung asam lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol tinggi, seperti yang terdapat pada daging berlemak, jeroan (usus, babat, paru, dan lain-lain), masakan bersantan,dan sebagainya.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit akut maupun kronis dengan gaya hidup sehat, salah satunya memerhatkan asupan makanan dalam sehari-hari. Ciptakan kehidupan sehat dari sekarang ! 🙂

Sumber ( www.smallcrab.com )

 

 

 

Mencegah Penyakit dengan Gaya Hidup Sehat | penyakitakutwebid | 4.5