Pilihan Olahraga Tepat untuk Ibu Hamil

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, termasuk dibutuhkan pula oleh para ibu hamil. Namun tentunya tak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh ibu hamil mengingat akan kondisi fisik ibu hamil yang rentan lelah dan sebagainya. Oleh karena itulah kami disini akan merekomendasikan pada Pilihan Olahraga Tepat untuk Ibu Hamil.

Olahraga yang Tepat untuk Ibu Hamil

olahraga pada ibu hamil

Jalan Kaki

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists ibu hamil bisa melakukan olah raga jalan kaki selama 30 menit per hari. Jalan kaki sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap fit. Hentikan olah raga jalan kaki, jika ibu hamil mengalami perdarahan, sesak nafas, mengalami kontraksi, pusing, mengalami sakit dada, sakit atau kram pada betis, dicurigai adanya pecah ketuban atau setelah jalan kaki adanya kondisi dimana janin pergerakannya jadi berkurang.

Berenang

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang over weight.

Senam Hamil

Dengan melakukan senam hamil, dapat menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil beserta janinnya . Selain itu senam hamil dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga akan mempermudah proses persalinan. Namun sebaiknya ibu melakukan senam hamil tersebut dipandu oleh ahli bukan melakukannya sendiri di rumah.

Yoga

Selain membantu kebugaran tubuh ibu hamil, kelebihan yoga adalah melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti karena, pada saat persalinan nanti dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik dan ibu hamil yang rileks dan yoga bisa membantu mewujudkan itu.

Latihan beban

Manfaat dari latihan beban salah satunya adalah mengurangi terjadinya ibu hamil mengalami cidera dan membuat otot-otot disekeliling sendi menjadi lebih kuat. Selain itu dapat membantu menjaga stamina tubuh yang sangat diperlukan selama kehamilan dan persalinan. Lakukan latihan angkat beban yang sederhana dan yang bisa juga dilakukan dirumah. Gunakan beban maksimal setengah dari berat beban normal. Sediakan air minum selama latihan berlangsung.

Peregangan

Dengan melakukan latihan peregangan dapat membantu fleksibilitas tubuh ibu hamil yang diperlukan saat proses persalinan dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. Latihan peregangan juga dapat membantu relaksasi ibu hamil.

Itulah beberapa Pilihan Olahraga Tepat untuk Ibu Hamil yang dilansir dari bidanku.com. Semoga bermanfaat dan menjadi rekomendasi untuk para ibu hamil di luar sana.

 

Pilihan Olahraga Tepat untuk Ibu Hamil | penyakitakutwebid | 4.5