Perbedaan Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Perbedaan Gagal Ginjal Akut dan Kronis,- Ginjal merupakan salah satu organ vital pada tubuh yang berfungsi untuk menyaring dan membuang berbagai sisa metabolisme tubuh yang mengandung racun atau bersifat racun, mengatur kadar bahan-bahan tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh, menyaring urea dalam darah, mengatur pH darah, mengatur keseimbangan ion mineral serta komposisi air dan elektrolit dalam darah, mengatur tekanan darah, merangsang pembentukan sel darah merah baru, dan mempertahankan pH plasma darah pada kisaran pH 7,4.

Bagaimana dengan ginjal pada penderita gagal ginjal ? Ginjal pada penderita gagal ginjal mengalami penurunan fungsi hingga akhirnya tidak dapat bekerja sama sekali. Untuk pengobatannya kita harus mengenal dan memahami jenis gagal ginjal yang dialami, karena gagal ginjal itu sendiri ada 2 jenis yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Perbedaan Gagal Ginjal Akut dan Kronis

gagal ginjal

Gagal ginjal akut terjadi secara tiba-tiba sedangkan gagal ginjal kronis berlangsung perlahan-lahan selama setidaknya tiga bulan dan dapat menyebabkan gagal ginjal yang permanen.

Perbedaan dari Penyebab

Gagal Ginjal Akut Gagal Ginjal Kronis
Penurunan aliran darah ke ginjal. Hal ini dapat terjadi karena kehilangan darah, operasi, atau syok. Obstruksi atau penyumbatan berkepanjangan saluran kemih.
Adanya obstruksi atau penyumbatan di sepanjang saluran kemih, misalnya batu ginjal. Sindrom Alport – kelainan bawaan yang menyebabkan ketulian, kerusakan ginjal progresif, dan cacat mata.
Sindrom uremik hemolitik – biasanya disebabkan oleh infeksi E. coli, gagal ginjal terjadi sebagai akibat dari obstruksi struktur fungsional terkecil dalam ginjal. Sindrom nefrotik – suatu kondisi yang memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Sindrom nefrotik ditandai dengan Protein dalam urin, kadar protein dalam darah rendah, kadar kolesterol yang tinggi, dan pembengkakan jaringan.
Menelan obat tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Penyakit ginjal polikistik – kelainan genetik yang ditandai dengan pertumbuhan banyak kista di ginjal.
Glomerulonefritis – jenis penyakit ginjal yang melibatkan glomeruli. Selama glomerulonefritis, glomeruli menjadi meradang dan menganggu kemampuan ginjal untuk menyaring urin.
Setiap kondisi yang dapat mengganggu aliran oksigen dan darah ke ginjal seperti serangan jantung.

Perbedaan dari Gejala

Penderita gagal ginjal akut mengalami penumpukan cairan atau ketidakseimbangan elektrolit, obstruksi pada saluran kemih karena batu ginjal (bisa menyebabkan nyeri pinggang, darah dalam urin, atau output urin berkurang), dan dehidrasi yang bisa menyebabkan rasa haus ekstrim, pusing hingga pingsan, nadi cepat dan lemah.

Sedangkan gagal ginjal kronis biasanya baru akan muncul ketika fungsi ginjal sudah sangat terganggu, artinya ginjal memiliki fungsi yang normal namun tersisa sedikit. Masalah lain juga dapat berkembang seperti anemia dan peningkatan fosfat dalam darah, bersama dengan komplikasi yang disebabkan oleh gagal ginjal.

Dengan mengetahui dan memahami perbedaan antara penyakit akut dan penyakit kronis (gagal ginjal), anda bisa lebih cermat dalam memilih dan memanfaatkan pengobatan untuk penyakit gagal ginjal akut maupun kronis. Dan kami merekomendasikan anda pada salah satu pengobatan penyakit paling aman, halal, bahkan unggulan dalam negeri, ASLI 100% ekstrak teripang perairan Indonesia. Informasi selengkapnya mengenai keterangan obat, silahkan ke halaman Obat Penyakit Gagal Ginjal Akut dan Kronis.

 

 

Perbedaan Gagal Ginjal Akut dan Kronis | penyakitakutwebid | 4.5