Tips Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Kebutuhan tidur bagi setiap orang memang cenderung berbeda, namun tetap saja jika kebutuhan tersebut harus dipenuhi dengan baik tanpa adanya alasan apapun. Terutama saat kita berpuasa seperti sekarang ini, tidur lebih awal menjadi kunci utama agar kantuk tak menyerang saat tengah menjalankan rutinitas.

Kebiasaan buruk pada tidur seperti tak bisa tidur dengan cepat atau tidur yang tak bisa nyenyak akan mengganggu kualitas tidur anda dan memicu munculnya risiko penyakit maag, jantung, diabetes, atau gangguan lainnya.

tips cara agar cepat tidur di malam hari

Agar kita bisa cepat tidur, tidur berkualitas dan nyenyak, sehingga tubuh bisa tetap sehat terhindar dari penyakit, kami merekomendasikan anda dengan Tips Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari yang dilansir di salah satu situs kesehatan terkenal. Berikut poin-poin lengkapnya !

a. Kondisi Ruangan

  1. Atur pencahayaan – Pencahayaan yang ada di kamar tidur harus disesuaikan dengan kenyamanan anda. Apakah anda bisa lebih cepat dan nyenyak tidur dengan lampu menyala atau mati.
  2. Atur suhu ruangan – Suhu yang terlalu panas dalam kamar tidur, biasanya akan membuat anda tak nyaman, sehingga usahakan pilih posisi yang sejuk dan membuat tidur lebih nyenyak.
  3. Bersihkan tempat tidur – Kasur yang bersih, harum, dan lembut akan mendukung kualitas tidur anda. Pastikan untuk selalu membersihkannya, atau jika bisa jemur maksimal 1 bulan sekali.
  4. Atur warna ruangan dan letak barang – Warna ruangan yang cocok dengan kepribadian anda bisa membuat anda nyaman. Selain itu, penempatan barang pun harus diatur dengan baik karena dinilai bisa memengaruhi pikiran anda saat itu.
  5. Gunakan baju tidur – Jangan pernah gunakan jeans atau pakaian ketat saat anda akan tidur, karena akan berdampak buruk pada kualitas tidur juga sirkulasi darah selama tidur. Pilihlah pakaian tidur atau piyama. Jika tak ada, anda bisa memakai pakaian santai yang longgar.

b. Jalankan Kebiasaan Baik

  1. Mengatur jadwal tidur – Sebaiknya, buatlah jadwal kapan anda harus tidur dan kapan anda harus bangun. Hal ini untuk membuat kebiasaan baru yang mendukung durasi tidur dan kualitas tidur jadi lebih baik.
  2. Olahraga yang teratur – Poin ini mungkin akan sering anda dengar pada beberapa tips kesehatan, namun inilah faktanya. Berolah raga secara teratur memang dapat memberikan nilai positif pada kualitas tidur dan kebugaran tubuh karena bisa menghindari stress pemicu insomnia (susah tidur).
  3. Minum susu sebelum tidur – Berbeda dengan kafein, susu justru sangat disarankan pakar kesehatan untuk diminum sebelum tidur.
  4. Berhenti merokok – Rokok akan memicu peningkatkan kerja jantung, sehingga membuat kita sulit untuk tidur.
  5. Hindari kafein dan alkohol – Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, anda harus menghindari konsumsi minuman berkafein dan beralkohol yang bisa menstimulasi jantung untuk bekerja lebih cepat.
  6. Jangan makan berat sebelum tidur – Makan berat seperti nasi dengan lauk pauknya akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan cepat selama tidur dan ini akan membuat anda sulit mendapatkan tidur berkualitas, bahkan memicu gangguan pencernaan seperti penyakit maag.
  7. Tambahkan kangkung pada menu masakan – Kangkung dikenal memiliki suatu zat kimia yang dapat mendukung tubuh agar cepat tidur dan berkualitas.

c. Kenyamanan Tubuh dan Pikiran

  1. Bayangkanlah hal yang menyenangkan – Jangan selalu memikirkan beban pikiran hidup ketika mau tidur, karena hal ini bisa membuat anda sulit tidur. Biasakan untuk membayangkan hal-hal yang menyenangkan.
  2. Mandi air hangat – Mandi air hangat yang biasa dilakukan, terutama saat malam hari, dipercaya dapat membuat tubuh rileks. Untuk hasil yang lebih baik, anda bisa tambahkan sedikit garam guna merelaksasi saraf-saraf tubuh yang berkativitas seharian.
  3. Lakukan kebiasaan yang bisa buat anda mengantuk – Poin yang menarik ini tentu pula akan membantu anda tidur dengan mudah. Contohnya saja, anda akan mudah ngantuk dan tertidur ketik mendengar musik klasik. Nah, cara ini bisa anda gunakan untuk mengatur pola tidur yang lebih baik.

Semoga Tips Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari yang kami uraikan di atas bisa membantu anda atau orang terdekat anda mendapatkan kembali kualitas tidur mereka.

Tips Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari | penyakitakutwebid | 4.5